44

Sejumlah atlet olimpiade di seluruh dunia sudah tajamkan performanya untuk hadapi Olimpiade Rio 2016 yang dimulai 5 Agustus. Media sudah memprediksi sejumlah nama yang akan mendominasi cabang-cabang olahraga di pesta atletik musim panas itu. Berikut ini prediksinya.

Triathlon

Alistair Brownlee dari Inggris dan Javier Gomez Noya dari Spanyol digadang media bakal mendominasi cabang triathlon pria nanti. Brownlee baru saja memenangkan World Series Triathlon di Leeds, Inggris. Noya di sisi lain baru saja memenangkan Piagam Penghargaan Princess of Asturias di Spanyol. Meski begitu, Inggris dikabarkan akan menurunkan saudara Alistair, Jonathan yang lebih fresh.

Untuk cabang triathlon wanitanya, Gwen Jorgensen dari Amerika Serikat tetap menjadi favorit media dan pengamat. Di belakangnya, Inggris yakin Vicky Holland mampu menyaingi sang juara terutama ketika etape sepeda.

Berlayar

Semua media, terutama BBC sepakat Inggris lah yang akan mendominasi cabang olahraga ini. Pasalnya, nama-nama yang langganan menyabet medali berasal dari negara kerajaan itu. Sebut saja Giles Scott yang memenangkan empat kali juara dunia, Hannah Mills, Saskia Clark, Nick Thompson, Charlotte Debson, Dylan Fletcher, dan Alain Sign.

Sepeda

Alberto Contador menjadi nama yang disebut-sebut akan mendominasi balap sepeda. Apabila Jerman kembali menurunkan Tony Martin sang peraih medali perak Olimpiade 2012 lalu, kans Contador dapat berkurang. Selain itu, Chris Froome digadang-gadang Inggris sudah menyiapkan mental dan fisiknya untuk mendapat emas, mengikuti jejak rekan atlet satu negaranya Bradley Wiggins di olimpiade lalu.

Atletik

Nama Usain Bolt tetap jadi favorit di cabang lari 4x100m dalam kondisi biasa. Namun, rekan satu timnya Nesta Carter tidak akan berlomba di Olimpiade Rio 2016 karena terbukti doping dalam Olimpiade Beijing 2008. Usain Bolt sendiri yakin itu akan berdampak dalam performanya.

Tenis

Andy Murray dari Inggris tentu saja bakal mendominasi mengingat dia menyabet posisi kedua di Turnamen Roland Garros 2016. Sementara itu, sang jawara turnamen Novak Djokovic dari Serbia diprediksi bakal memberikan perlawanan yang menarik apabila diturunkan untuk berlaga di Olimpiade Rio 2016.

Renang

Media dihebohkan dengan keputusan Michael Phelps kembali berlomba dari masa pensiun dininya. Atlet yang sudah menyabet total 22 medali (18 diantaranya medali emas) itu pun sontak difavoritkan pengamat dan kritikus. Namun, Phelps yakin dia bisa menglahkan rekor tercepatnya sendiri di Olimpiade Rio 2016 nanti.

Badminton

Atlet-atlet TIongkok, Denmark, Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, dan Jepang masih jadi favorit dalam cabang olahraga badminton. Bedasarkan turnamen Thomas dan Uber terakhir, Denmark memiliki potensi yang besar di cabang badminton pria, sementara Tiongkok di badminton wanita. Sementara itu, Malaysia diprediksi punya potensi juga mengingat Lee Cong Wei memenangkan Turnamen Badminton Indonesia Open 2016.