Perancis, Italia, dan Spanyol punya peluang paling besar mengamankan perolehan poin babak grup Euro 2016 untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Tim besar lainnya masih perlu berjuang untuk memastikan diri lolos ke pertandingan selanjutnya.

Sejak pertandingan pertama, tiga tim tersebut sudah memantapkan posisi mereka di puncak klasemen grup sementara tim besar macam Inggris, Rusia, Portugal, dan Belgia memulai Euro 2016 dengan tidak terlalu mulus. Sementara itu, tim-tim underdog seperti Hungaria, Polandia, dan Wales justru main bagus dan bisa mengamankan posisinya di awal.

Perancis hanya butuh satu poin dalam pertandingan kontra Swiss supaya bisa lolos ke babak 16 besar di puncak grup A. Italia sudah pasti lolos di peringkat tertinggi grup E bila Irlandia gagal mengalahkan Belgia. Sementara itu, Spanyol hanya butuh hasil seri dalam laga kontra Kroasia untuk mengamanka posisi di puncak grup.

GRUP A

Sementara itu, Swiss butuh menang melawan tuan rumah bila ingin lolos dari babak grup Euro 2016 ke babak 16 besar di puncak klasemen grup. Apabila pertandingan nanti berakhir seri, Swiss tetap lolos namun di posisi kedua hanya jika Romania gagal mengalahkan Albania. Tanpa itu, Swiss hanya perlu puas bercokol di posisi tiga.

Posisi Romania tidak lebih baik. Mereka perlu mengalahkan Albania dan berharap Swiss kalah untuk melanjutkan permainan di posisi kedua grup. Bila pertandingan kontra Albania nanti berakhir seri, Romania kemungkinan besar bakal tersingkir. Pertama, karena selisih angka dari swiss dan kedua, karena lebih banyak melakukan pelanggaran.

Di sisi lain, Albania hanya bisa berharap-harap cemas. Mereka perlu menang dari Romania dan berharap Swiss akan gagal hanya untuk memperoleh posisi ketiga. Untuk lolos ke babak selanjutnya, kans mereka nol.

GRUP B

Inggris sudah menjamin posisi tiga besar, namun perlu menang di laga kontra Slovakia nanti untuk lolos babak grup Euro 2016 dan lanjut ke babak 16 besar. Jika pertandingan berakhir seri, Inggris perlu berharap Wales kalah dari Rusia supaya bisa lolos di posisi pertama Grup B.

Wales sang kuda hitam perlu mengalahkan Rusia untuk mengamankan jalannya. Tim dengan motor Gareth Bale ini juga bisa lolos dengan hasil seri, namun bila Slovakia gagal mengalahkan Inggris. Kesempatan Wales untuk ada di posisi pertama hanya mungkin jika menang lawan Rusia dan Inggris kalah lawan Slovakia.

Kesempatan Slovakia pun ditentukan dengan pertandingan melawan Inggris. Mereka perlu menang untuk lolos, dan berharap Wales gagal mengalahkan Rusia bila ingin di puncak Grup. Kalau kalah dari Inggris, mereka hanya bisa bercokol di posisi tiga, kecuali Rusia mengalahkan Wales.

Lain hal bagi Rusia. Tim dengan suporter fanatis ini perlu menang dan berharap Inggris juga menang. Kalau tidak begitu, mereka hanya bisa puas menyelesaikan pertandingan di posisi tiga.

GRUP C

Hasil Jerman bagus di awal, namun sedikit terhambat ketika seri lawan Polandia di pertandingan kedua. Meski begitu, mereka perlu seri lawan Irlandia Utara untuk lolos babak grup Euro 2016. Meski begitu, posisi mereka masih bisa digulingkan bila Polandia menang dan mereka kalah.

Polandia  perlu satu poin lawan Ukraina untuk mengamankan posisi kedua apapun hasil pertandingan lain. Kalau menang, Polandia bisa lolos ke 16 besar di puncak grup. Sementara itu, Irlandia Utara perlu menang lawan Jerman. Di sisi lain, Ukraina jadi tim yang sudah dipastikan gugur.

GRUP D

Spanyol sudah memastikan diri lolos dan hanya perlu seri melawan Kroasia supaya tetap di posisi teratas babak grup Euro 2016. Kroasia pun hanya perlu seri untuk lolos ke 16 besar. Kalau menang, Spanyol akan turun di posisi kedua dan Korasia menggantikannya.

Ceko sementara itu perlu mengalahkan Turki dan berharap Kroasia kalah dari Spanyol supaya lolos di posisi dua. Selain itu, Kroasia pun perlu kalah dari Spanyol supaya Ceko mengamankan posisinya. Di bawah klasemen grup, Turki hanya punya kesempatan kecil meski bisa mengalahkan Ceko.

Sementara itu, prediksi babak grup Euro 2016 untuk Grup E dan F baru bisa ditentukan setelah pertandingan Irlandia, Belgia,  Hungaria, Islandia, Portugal, dan Austria selesai berlangsung.